Selasa, 17 September 2013

Konsultasi Tentang atap kaca

PERTANYAAN PERTAMA

selamat siang
salam kenal mas
saya nugroho
mohon bantuan info nya
saya rencana mau renovasi rumah..
nah ...saya ada rencana untuk ruang tengah biar terang saya beri atap kaca
utk atap saya rencana pake rangka baja ringan, tidak pake kayu
apakah atap kaca bisa diaplikasikan di rangka atap baja ringan?
sebaiknya pake genting kaca atau atap dari kaca tebal lebar?
jika ada atap kacanya nanti desain plafonnya seperti apa? kan dibawah atap kaca terbuka. jadi rangka bajanya kelihatan. sebaiknya gimana biar dari segi estetika biar bagus / gak kelihatan rangkanya...

terimakasih banyak atas perhatiannya
terlebih lagi meluangkan waktu utk menanggapi email saya ini...
sekali lagi terimakasih banyak...


a. nugroho basuki rakhmat

JAWABAN
selamat siang
mas Nugroho Basuki Rakhmat

1. Tidak ada masalah memakai genteng kaca pada rangka atap baja ringan. karena tidak ada bedanya pada rangka kayu dan rangka baja ringan pada sistem pemasangan genteng, semuanya cukup diletakkan pada reng.
2. dari segi ekonomis, lebih ekonomis dan mudah langsung pasang genteng kaca dengan ukuran dan model yang sama dengan genteng yang dipakai, biasanya setiap pabrikan memiliki genteng kaca yang sesuai dengan yang mereka produksi.  Kemudahan berikutnya adalah kita tidak perlu memikirkan sistem talang dan rangka atap yang berbeda, jadi lebih praktis, walaupun secara estetik mungkin kurang bagus. Pemasangan kaca tebal 10-12 mm pada atap dengan jenis tempered atau laminated bisa saja tetapi butuh detail yang khusus terlebih bila diletakkan di tengah-tengah bidang atap. Akan lebih mudah meletakkan kaca flat tersebut pada sekitar nok atau atap-atap yang terpisah tentu dengan detail yang khusus.
3. Untuk menutupi rangka dari bawah, bisa menggunakan plafond memakai kaca buram 5mm, bisa juga dengan artglass apabila menginginkan ada motif-motif warna-warni, bisa juga dengan kca bening diberi stiker sandblast. dari alternatif tersebut yang paling ekonomis adalah dengan kaca buram.
Semoga bisa membantu

PERTANYAAN KEDUA
Salam hormat
Diwangkoro,IAI

terimakasih atas masukannya mas...
ada lagi yang mohon bantuan masukannya...
JAWABAN

1. untuk garasi....
saya rencana selain utk garasi mobil tapi juga bisa digunakan utk ruang pertemuan (misal: ada arisan RT)
sebaiknya penampilan garasinya gimana dan sebaiknya lantai apa yg bagus utk diaplikasikan?

2. kitchen set
saya rencana pakai kitchen set yg ada wastafelnya
karena saya masih awam...
utk pesan kitchen set itu apakah ada yg termasuk wastafelnya?
pada waktu pemasangan kitchen set (karena ada wastafelnya )...yg membuat saluran air+saluran pembuangannya tukang bangunannya ataukah pihak pembuat kitchen setnya?
terimakasih atas perhatiannya
dan mohon maaf jika saya terlalu banyak pertanyaan

1. Pada prinsipnya untuk garasi yang pertama adalah harus selalu bersih, dan sebaiknya tidak untuk menumpuk barang-barang(menjadi gudang). Lantai jangan yang bertekstur gunakan yang permukaan keramik yang licin atau matt saja, karena permukaan yang bertekstur justru akan menyimpan kotoran, dan sulit membersihkannya. Sebaiknya pula memilih keramik yang cukup tebal, seperti merk Roman, KIA, atau Milan
2. Kitchen set bisa termasuk wastafelnya atau bak cuci piring dari stainless. Pemasangan  instalasi air dan saluran buangan bisa dari pembuat kitchen set, tetapi umumnya mereka hanya tingal menyambung dari otulet-outlet air dan pembangan yang sudah tersedia. Tetapi apabila mereka tidak memiliki tukang pipa, mungkin mas Nugroho perlu mencari tukang pipa. Yang perlu diperhatikan adalah perlunya bak penangkap lemak/bak kontrol di saluran pembuangannya sehingga tidak terjadi mampet. Biasanya untuk pembuangan saya menggunakan pipa 1,5-2" PVC, dan pipa ini mungkin lebih besar dari mulut filter bak cuci piring atau wastafel, jadi perlu diperhatikan penyambungannya.
Semoga bisa membantu
Salam hormat
Diwangkoro,IAI

1 komentar: